Seni Pertunjukan Wayang Golek di Daerah Sumedang - BERITA SUMEDANG
Headlines News :
Home » , , » Seni Pertunjukan Wayang Golek di Daerah Sumedang

Seni Pertunjukan Wayang Golek di Daerah Sumedang

Written By Unknown on Senin, 04 Februari 2013 | 06.37

Pertunjukan Wayang golek saat ini lebih dominan sebagai seni pertunjukan khas rakyat, memiliki fungsi yang relevan dengan kebutuhan-kebutuhan masyarakat di lingkungannya, baik kebutuhan spiritual maupun material. Hal demikian ini dapat kita lihat dari beberapa aspek kegiatan di masyarakat misalnya ketika ada perayaan, baik hajatan (pesta) dalam rangka khitanan, pernikahan dan lain-lain adakalanya diriingi dengan pertunjukan pertunjukan wayang golek.
 
Wayang golek adalah merupakan salah satu kesenian khas yang ada di tanah Sunda. Secara umum wayang golek masih dibuat secara tradisional oleh penduduk desa-desa tertentu di daerah Jawa Barat. Selain itu, karena ke khasanya wayang golek juga sering difungsikan sebagai ciri atau sufenir (tanda mata) khas di tanah Sunda.
Seni Pertunjukan Wayang Golek di Daerah Sumedang
 
Untuk Harga wayang golek sangat relatif murah, kisaranya harganya sangat ditentukan oleh ketelitian dari ukiran dan tingkat kesulitan dalam pembuatan juga bahan bakunya. Menurun Mang Iin salah satu pengrajin Wayang golek dari daerah Rancakalong, di Sumedang, untuk wayang dengan detail yang tidak terlalu rumit beliau bisa menyelesaikan 3-4 buah wayang dalam sehari, sedangkan untuk wayang dengan detail / kualitas tinggi bisa membutuhkan waktu 3-4 hari untuk menyelesaikan hanya sebuah wayang.
 
Pada umumnya wayang-wayang golek dibuat dari kayu albasia dipasarkan dengan kisaran harga kurang lebih Rp. 15.000,- / unit lengkap dengan pakaian dan aksesorisnya. Sedangkan wayang dengan kualitas yang lebih baik dengan menggunakan kayu jati, mahoni dan lainnya dipasarkan dengan kisaran harga Rp. 40.000 s/d Rp. 150.000 / unit wayang.
Share this article :
Description: Seni Pertunjukan Wayang Golek di Daerah Sumedang Rating: 5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Seni Pertunjukan Wayang Golek di Daerah Sumedang

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. BERITA SUMEDANG - All Rights Reserved
Copyright © 2011 Berita Sumedang | Informasi Berita Online Seputar Sumedang All Rights Reserved