Budaya Kabupaten (Kota) Sumedang Pertunjukan Kuda Renggong - BERITA SUMEDANG
Headlines News :
Home » , , » Budaya Kabupaten (Kota) Sumedang Pertunjukan Kuda Renggong

Budaya Kabupaten (Kota) Sumedang Pertunjukan Kuda Renggong

Written By Unknown on Senin, 04 Februari 2013 | 06.19

Kuda renggong adalah merupakan pertunjukan seni tradisional yang sangat populer di kalangan masyarakat kabupaten Sumedang. Atraksi seni budaya ini berupa tontonan pertunjukan dimana seekor kuda yang sudah terlatih dapat melakukan gerakan menari dengan diiringi lagu dan musik serta berjalan mengikuti hentakan musik tradisional khas sunda yang disebut kendang pencak.
Seekor kuda sudah dilatih terlebih dahulu dengan baik untuk membuat gerakan seperti menari atau kadang-kadang juga dapat melakukan gerakan seperti berkelahi melawan pelatihnya dengan gaya pencak silat. Oleh karena itulah suguhan pertunjukan ini juga sering disebut juga dengan pertunjukan kuda pencak.

Budaya Kabupaten (Kota) Sumedang Pertunjukan Kuda Renggong
Mulai pada tahun 1910 hingga sekarang seni kuda renggong secara tradisional sering dipertontonkan pada acara khitanan atau sunatan, pernikahan dan acara hajatan lainnya. Sebelum seorang anak akan dikhitan, sang anak diarak mengelilingi kampung maupun kota di atas punggung kuda renggong yang diikuti oleh anggota keluarga dan kerabat terdekat yang ikut menari di depanya dan berkeliling dari satu desa ke desa lainya.
Budaya Kabupaten (Kota) Sumedang Pertunjukan Kuda RenggongBudaya Kabupaten (Kota) Sumedang Pertunjukan Kuda Renggong

Share this article :
Description: Budaya Kabupaten (Kota) Sumedang Pertunjukan Kuda Renggong Rating: 5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Budaya Kabupaten (Kota) Sumedang Pertunjukan Kuda Renggong

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. BERITA SUMEDANG - All Rights Reserved
Copyright © 2011 Berita Sumedang | Informasi Berita Online Seputar Sumedang All Rights Reserved